Kamis, 04 Februari 2016

Solar Panel

Solar Panel
Solar Panel atau Solar Module atau Panel Surya, adalah komponen terpenting dari sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Solar Panel mengkonfersikan tenagkurANM matahari menjadi listrik. Solar Panel terdiri dari sejumlah sel silikon (atau disebut juga Solar cell PV) yang disinari matahari/ surya, yang menghasilkan photon yang mebangkitkan arus listrik. Sekumpulan Solar Panel dalam satu System  disebut Array. Banyaknya jumlah modul yang dapat disusun secara SERI dan Pararel akan menentukan besarnya Total Output Energi yang dihasilkan.

PLTS adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya. 
WP singkatan dari Watt- Peak. WP menggambarkan besarnya Nominal  Watt tertinggi yang dapat dihasilkan dari sebuah Solar System. Ini dikarenakan energi dari sinar matahri yang dapt berubah rubah dalam  satu hari. Yang  bila digambarkan dalm sebuah grafik dari sebuah pengukuran laboratorium tentang ukuran kekuatan Daya Listrik per-satuan waktu akan tampak seperti gelombang. Ada puncak/Peak. dan ada lembahnya, berdasarkan data data yang diperoleh dari pengukuran dalam jangka waktu tertentu.

contoh : sebuah lampu penerang jalan bertenaga solar panel memiliki daya 60 wp, artinya maksimal daya yang dapat diserap atau output energi yang dihasilkan oleh perangkat tersebut hanya 60 watt.

 Kelebihan listrik yang bersumber dari tenaga surya dibandingkan dengan energi lain adalah :
1. energi yang terbarukan (renewable energy), tdk memerlukan bbm lagi.
2. bersih dan ramah lingkungan.
3. umur panel surya panjang.(20-25 tahun).
4. Praktis, Mudah dan Murah dalam perawatan.
5. Sangat cocok untuk daerah  tropis Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar